Manfaat Buah dan Daun untuk Kesehatan, Kecantikan dan Obat Tradisional

Manfaat Bunga Kenanga Atasi Berbagai Penyakit

Kenanga (Canangium odoratum) adalah tanaman dengan bunga yang baunya sangat khas. Bunga kenanga sering dijadikan bunga tabur dan pohonnya sebagai peneduh di halaman rumah atau di tepi jalan.
Advertisement

Seperti bunga pagoda dan bunga melati, bunga kenanga juga sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Orang-orang tua dulu sering menggunakan bunga kenanga untuk mengobati batuk akibat bronkhitis, obat sesak nafas, serta malaria. Selain itu, bunga kenanga juga bisa dijadikan bahan untuk membuat jamu bagi ibu yang baru saja melahirkan.

Manfaat bunga kenanga untuk pengobatan bisa anda lihat melalui ramuan tradisional di bawah ini:

Jamu Setelah Melahirkan
Khasiat Bunga KenangaSetelah melahirkan, seorang ibu perlu memulihkan kembali kondisi tubuhnya. Zaman dahulu kala saat dokter dan bidan masih jarang, para guguni atau paraji, sering membuatkan jamu untuk memulihkan kondisi Ibu yang melahirkan.

Berikut ramuannya: bunga kenanga yang masih muda, kayu rapet, pegatsih, kunci pepet, kunyit, jongrahab, jalawe, dan jakeling. Semua bahan tersebut ditumbuk halus (dipipis), kemudian diseduh dengan air panas. Kemudian airnya disaring dan diminum.

Mengobati Bronkhitis
Untuk mengobati bronkhitis, sediakan 2 kuntum bunga kenanga, lalu direbus dengan satu gelas air panas sampai mendidih hingga tersisa setengah gelas. Setelah dingin, airnya diminum secara rutin setiap pagi dan sore.

Obat Sesak Napas
Bunga kenanga juga berkhasiat untuk mengobati sesak nafas karena asma maupun alergi. Caranya, ½ genggam bunga kenanga dan 1 ½ sendok gula putih direbus dengan satu gelas air panas hingga tersisa setengah gelas. Saring airnya dan minum secara teratur tiap pagi dan sore hari.

Mengobati Malaria
Untuk mengobati malaria, ambil 3 kuntum bunga kenanga yang sudah dikeringkan. Kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas, lalu ditutup rapat. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum secara teratur.

Bunga kenanga yang memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan ini, sekarang sudah sangat jarang ditemukan. Jadi, bagi Anda yang memiliki pohon bunga kenanga di sekitar rumah, jangan ditebang. Pelihara saja karena banyak manfaatnya.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Bunga Kenanga Atasi Berbagai Penyakit



Advertisement