Manfaat Buah dan Daun untuk Kesehatan, Kecantikan dan Obat Tradisional

Manfaat Kembang Sore untuk Pengobatan Tradisional

Kembang Sore (Abutilon indicum L.) merupakan tanaman perdu yang menyukai tempat tumbuh di alam terbuka, hutan, ladang yang tidak terpakai dan mendapat cukup sinar matahari. Namun, karena warna bunganya yang cukup indah, kembang sore ini biasa juga dijadikan tanaman hias untuk ditanam di pekarangan rumah.
Advertisement

Namun tidak hanya berfungsi sebagai tanaman hias, kembang sore ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan. Terutama dijadikan sebagai bahan untuk pengobatan tradisional. Manfaat pengobatan dari kembang sore ini tak lain karena senyawa kimia yang terkandung di dalamnya. Senyawa berkhasiat tersebut meliputi asam amino, asam organik, zat gula dan flavonoid yang terdiri dari gossypin, gossypitrin dan cyanidin-3-rutinoside. Bijinya juga mengandung minyak raffinose (C18 H32 O16).

Manfaat dan Khasiat Kembang Sore untuk Pengobatan


Kembang Sore untuk PengobatanBerikut ini beberapa cara pengobatan tradisional menggunakan ramuan bunga kembang sore. Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah seluruh tanaman. Untuk penyimpanan, herba setelah dicuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya, kemudian dijemur sampai kering.

Sakit gigi, gusi bengkak
Daun kembang sore direbus hingga mendidih, selagi masih hangat, air rebusannya dipakai untuk kumur-kumur.

Cacing kerami pada anak
Biji buah kembang sore digiling halus lalu digulung seperti rokok kemudian dibakar. Asapnya ditiupkan kelubang dubur.

Obat Rematik
Rebusan herba ini dipakai untuk mandi atau sebagai kompres pada bagian tubuh yang sakit.

Kencing batu
Herba direbus, dipakai untuk merendam tubuh. Untuk tapalnya, ambil daun secukupnya, setelah dicuci bersih lalu digiling sampai halus dan dipakai sebagai tapal pada pinggang dan kandung kemih. Harus sering diganti, karena daunnya berbau busuk.

Tuberkulose paru (TB paru) yang masih ringan
Ambil 30 g akar kembang sore, 30 g akar 1 lex asprelia, 15 g Mahonia japonica, direbus. Setelah dingin disaring, dibagi dalam 3 bagian untuk diminum habis dalam satu hari.

Sakit telinga, pendengaran menurun
Ambil 60 g herba kembang sore segar atau 20-30 buah dicuci bersih lalu direbus dengan daging tanpa lemak. Setelah dingin airnya disaring lalu diminum. Lakukan setiap hari.

Mengobati Bisul
Ambil 1 buah biji kering kemudian digiling menjadi bubuk, lalu diseduh dengan 1 cangkir air panas, hangat-hangat diminum. Daunnya setelah dicuci bersih dilumatkan dan tambahkan madu secukupnya, tempelkan pada bisul.

Mengobati Wasir
Untuk mengobati wasir, ambil 150 g akar kembang sore, lalu direbus dengan air secukupnya sampai kental. Ambil airnya sebanyak 100 cc kemudian diminum. Sisanya diuapkan ke lubang dubur selagi panas.

Kembang sore merupakan tanaman hias yang bermanfaat untuk pengobatan. Jadi selain menjaga keindahan lingkungan rumah, kembang sore juga dapat menjaga kesehatan keluarga Anda.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Kembang Sore untuk Pengobatan Tradisional



Advertisement