Manfaat Buah dan Daun untuk Kesehatan, Kecantikan dan Obat Tradisional

Manfaat Daun Sembung untuk Pengobatan Tradisional

Sembung (Blumea balsamifera) merupakan nama tanaman semak yang daunnya biasa dijadikan sebagai obat tradisional. Daun sembung memiliki permukaan yang ditumbuhi bulu-bulu halus. Jika dikonsumsi, dilidah daun ini memiliki sifat rasa pedas dan sedikit pahit, agak hangat, harum. Efek farmakologisnya adalah anti rematik, melancarkan sirkulasi, menghilangkan bekuan darah dan pembengkakan.
Advertisement

Beberapa senyawa kimia yang terdapat di dalamnya adalah Borneol, cineole, limonene, di-methyl ether phloroacetophenone. Daun sembung ini bisa digunakan untuk mengobati rematik, nyeri haid, nyeri sehabis melahirkan, diare, perut kembung dan influenza.

Khasiat Daun SembungBerikut ini beberapa contoh manfaat daun sembung sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit:

1. Mengobati Diare
Ambil 1 genggam daun sembung, kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga menjadi 1 1/2 gelas. Minum air rebusan tersebut dengan madu seperlunya, sehari 3 x 1/2 gelas.

2. Mengobati sakit kepala karena peradangan pada rongga sinus
Caranya, ambil lima helai daun sembung, hancurkan dan hangatkan di atas api terbuka, sehelai setiap kalinya. Selagi panas, lekatkan pada dahi untuk rongga tulang depan mata dan tulang pada dahi untuk rongga tulang rahang atas dan rongga tulang tapis. Apabila dingin, ganti dengan daun yang hangat hingga kelima daun tersebut habis digunakan. Lakukan 2 kali sehari.

3. Haid tidak teratur, tidak nafsu makan
Ambil 3/5 genggam daun sembung dicuci Ialu direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 3/4-nya. Minum dengan madu, sehari 3 x 3/4 gelas.

4. Mengobati maag
Caranya, ambil lima lembar daun sembung, rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1/2 gelas. Tambahkan sedikit garam, lalu minum sebelum makan pagi atau sarapan.

5. Nyeri dada akibat penyempitan pembuluh darah jantung (angina pectolis)
Sediakan 1/2 genggam daun sembung, dicuci bersih Ialu direbus dengan 3 gelas air hingga menjadi 3/4-nya. Setelah dingin airnya disaring Ialu diminum dengan madu seperlunya. Sehari 3 x 3/4 gelas.

6. Mengobati beri-beri
Caranya, ambil 1/4 genggam daun sembung, 1/4 genggam daun turi, 1/4 genggam daun legundi, dan 3 butir cabe jawa, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Biarkan dingin, lalu saring dan minum 2 kali sehari masing-masing 3/4 gelas.

7. Nyeri haid
Sediakan 5 lembar daun sembung dan beberapa biji kedaung, kemudian dipanggang dan dihaluskan. Rebus dua bahan tersebut dengan 2 gelas air sampai sisa 1/2-nya, minum setelah dingin.

Oke, itu dia beberapa manfaat daun sembung untuk kesehatan dan pengobatan tradisional. Jangan lupa baca juga daun-daunan berkhasiat lainnya dalam artikel manfaat daun kemangi dan manfaat daun kelor. Semoga bermanfaat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Daun Sembung untuk Pengobatan Tradisional



Advertisement