Manfaat Buah dan Daun untuk Kesehatan, Kecantikan dan Obat Tradisional

Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan Kulit, Wajah, Rambut

Setelah kemarin kita membahas mengenai manfaat bunga mawar untuk kecantikan, sekarang kita akan kupas habis mengenai kegunaan air bunga mawar untuk kecantikan kulit, wajah dan rambut.
Advertisement

Bunga mawar penuh dengan filosofi. Memiliki bunga yang indah dengan warna-warna yang menarik, tangkai bunga mawar dipenuhi oleh duri yang apabila tidak hati-hati menggenggamnya maka kulit akan tertusuk.

Selain penuh dengan filosofi bagi kehidupan, ternyata bunga mawar juga penuh dengan manfaat, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Air bunga mawar bisa digunakan untuk perawatan kulit dan wajah. Selain itu baik juga dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut.

Berikut ini beberapa manfaat dari air mawar yang perlu Anda ketahui.

1. Mengatasi Jerawat

Manfaat Air MawarAir bunga mawar dapat digunakan untuk membasuh kulit wajah yang berjerawat. Selain berfungsi sebagai antiradang dan antiseptik, air mawar juga berfungsi sebagai pembersih dengan membersihkan pori-pori. Gunakan air mawar untuk membasuh wajah minimal dua kali sehari.

2. Mengatasi Kulit Kering

Secara alami, air mawar memiliki khasiat untuk melembabkan kulit. Jika Anda memiliki kulit yang kering dan sensitif, gunakan air mawar sebagai toner untuk membasuh wajah minimal 2 kali sehari.

3. Mengatasi Penyakit Kulit

Air mawar dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah penyakit kulit. Diantaranya mengatasi eczema, dermatitis, lecet atau luka bakar. Gunakan air mawar seperti menggunakan toner pada saat yang diperlukan.

4. Mencegah Penuaan Dini

Air mawar yang mengandung Rosehip (buah dari biji bunga mawar) memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi yang merupakan sumber antioksidan yang baik bagi kulit. Antioksidan dalam air mawar tersebut berkhasiat untuk menangkal radikal bebas dan membuat kulit selalu awet muda.

5. Mencerahkan Wajah

Air mawar mengandung vitamin C dan vitamin E yang baik untuk nutrisi kulit dan mampu mencerahkan serta menyegarkan kulit wajah. Celupkan kapas dalam air mawar yang sudah didinginkan, kemudian tepuk-tepukkan pada wajah.

6. Kesehatan Rambut

Selain bermanfaat untuk kulit wajah, air mawar juga baik digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Diantaranya mengatasi ketombe, mengobati iritasi di kulit kepala, melembabkan rambut yang kering hingga membersihkan rambut yang kotor.

7. Mengatasi Mata Lelah

Jika Anda mengalami mata lelah akibat kurang tidur, biasanya akan terlihat lingkaran hitam di bawah mata. Tidak perlu panik, karena cara mengatasinya sangat mudah. Cukup kompres mata dengan kapas yang sudah dicelupkan dalam air mawar, suhu dingin lebih baik.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat air mawar yang bisa Anda dapatkan. Misalnya bisa digunakan untuk menghilangkan kemerahan pada kulit akibat pakaian dalam yang ketat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan Kulit, Wajah, Rambut



Advertisement