Manfaat Buah dan Daun untuk Kesehatan, Kecantikan dan Obat Tradisional

Manfaat Kemiri untuk Kesehatan, Kecantikan, Rambut

Kemiri memiliki nama latin Aleurites moluccana dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae. Tidak banyak orang tahu bahwa kemiri masih satu kerabat dengan singkong. Mungkin karena jarang orang yang pernah melihat pohon kemiri. Di Indonesia, buah kemiri diambil dan dijadikan sebagai bumbu masak untuk melezatkan masakan. Namun, nenek moyang kita juga menggunakan kemiri untuk keperluan lain, seperti membuat minyak kemiri yang berkhasiat menyuburkan rambut.
Advertisement

Lebih lanjut mengenai manfaat kemiri akan kita bahas setelah ini. Sekarang, mari kita telusuri terlebih dahulu kandungan zat apa saja yang ada dalam buah ini sehingga bisa bermanfaat bagi manusia.

Kemiri mengandung saponin, falvonoida, dan polifenol, serta zat gizi mikro seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Kemiri juga memiliki kandungan mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, dan kalsium. Selain itu kandungan lain yang tidak kalah memberi manfaat adalah vitamin A, vitamin B1, folat, serta fitosterol yang bisa menghambat pembentukan kolesterol. Proteinnya berupa asam amino esensial maupun nonesensial berfungsi untuk pertumbuhan dan membentuk protein dan antibodi.

Manfaat Kemiri untuk Kesehatan


Manfaat Kemiri untuk Kesehatan
Seperti yang sudah disinggung di awal, kemiri bukan hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur untuk melezatkan masakan tapi juga berkhasiat sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Nah, berikut ini kami rangkum beberapa manfaat kemiri untuk pengobatan.

1. Mengobati Sariawan

Bukan cuma biji kemiri yang bermanfaat, namun bagian batang dan getahnya juga, salah satunya untuk mengatasi sariawan di mulut. Yang Anda perlukan adalah getah dari kulit batang pohon kemiri. Untuk mendapatkannya bisa dengan cara merobek kulit pohon kemiri dengan pisau, kemudian tunggu hingga getahnya keluar. Ambil getah tersebut dengan kapas dan tambahkan sedikit santan kelapa jika ada. Oleskan pada bagian mulut yang luka (terserang sariawan).

2. Mengobati Sakit Gigi

Selain sariawan, sakit gigi juga bisa diobati dengan menggunakan getah pohon kemiri. Caranya juga hampir sama. Ambil getah pohon kemiri dengan menggunakan kapas. Tempelkan pada gigi yang sakit. Biarkan selama 10 menit, kemudian buang dan ganti dengan yang baru.

3. Mengobati Diare

Untuk menyembuhkan diare, ambil 20 gram kulit batang kemiri yang masih segar, bersihkan kemudian ditumbuk hingga halus. Rebus dengan air 600 cc sampai airnya berkurang menjadi 300 cc, saring dan ambil airnya. Minum air hasil rebusan kulit batang pohon kemiri tersebut dua kali sehari, sekali minum sebanyak 150 cc.

4. Mengatasi Infeksi Jamur

Jamur dapat berkembang dimana saja, termasuk pada kulit tubuh anda. Infeksi jamur seperti panu memang tidak berbahaya, namun bisa menyebabkan penderitanya tidak nyaman dan bahkan minder. Cara mengatasinya dengan mengoleskan minyak kemiri pada bagian tubuh yang terinfeksi jamur. Lakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

5. Mengatasi susah Tidur (Insomnia)

Minyak kemiri juga dapat membantu Anda melawan insomnia dan tidur lebih lelap. Kandungan melatonin yang terdapat di dalamnya akan membuat Anda rileks dan cepat tertidur. Hal ini baik bagi orang yang memiliki pola tidur yang tidak teratur. Tidur yang berkualitas bisa menjadi awal dari hidup sehat Anda.

6. Susah buang air besar (sembelit)

Ambil 1 buah biji kemiri, 2 siung bawang merah, 5 gram pulasari, 10 gram kayu manis, 30 gram daun urang-aring, setengah sendok teh garam, dan setengah sendok teh adas. Haluskan semua bahan lalu rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Saring dan minum airnya 2 kali sehari, masing-masing sebanyak 200 cc.

7. Digigit Serangga

Anda pernah digigit serangga yang menyebabkan rasa panas dan gatal? Sebenarnya itu bisa diatasi dengan menggunakan kemiri. Ambil 2 buah kemiri dan kunyit seukuran jari kelingking. Pangganglah bahan-bahan tersebut, lalu tumbuk sampai halus. Oleskan keseluruhan bagian tubuh yang gatal akibat tergigit serangga.

8. Mengatasi BAB Berdarah

Kulit batang pohon kemiri juga dapat mengobati BAB (Buang Air Besar) berdarah. Sediakan 20 gram kulit batang kemiri. Setelah dicuci bersih, rebus bahan dengan 400 cc air hingga bersisa 200 cc. Saring airnya, lalu minum selagi hangat.

9. Obat Gosok

Minyak kemiri, seperti juga minyak kayu putih bisa digunakan sebagai obat gosok untuk menghilangkan pegal dan juga masuk angin. Caranya ya seperti menggunakan minyak gosok biasa.

10. Obat Demam pada Anak

Rebus 15 gram akar pulutan dan tambahkan beberapa tetes minya kemiri. Saring airnya, kemudian diminum selagi hangat.

Manfaat Kemiri untuk Rambut


Manfaat Kemiri untuk Rambut
Selain bermanfaat bagi kesehatan, kemiri juga bermanfaat untuk kecantikan terutama yang berhubungan dengan rambut. Sudah sejak zaman dahulu kala nenek moyang kita menggunakan buah kemiri yang diambil minyaknya untuk kesehatan rambut. Ada banyak cara dalam mengambil minyak dari biji buah kemiri. Bisa dengan cara merebus atau disangrai (goreng tanpa minyak). Kalau tidak mau repot ya tinggal beli saja minyak kemiri yang sudah dijual dalam botol kemasan. Namun, Anda harus pandai-pandai memilih agar mendapatkan minyak kemiri yang asli yang belum dicampur dengan bahan-bahan lainnya.

1. Minyak kemiri menyuburkan rambut

Manfaat minyak kemiri untuk menyuburkan rambut memang tidak dapat dibantah lagi. Caranya, ambil minyak kemiri secukupnya oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala. Lakukan pijatan secara lembut dan biarkan selama semalaman. Keesokan harinya bilas dengan shampo, jangan lupa gunakan kondisioner pada ujung rambut. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan rambut yang subur, lebat dan tebal.

2. Mengatasi Rambut rontok

Anda punya masalah dengan kerontokan rambut? Gunakan minyak biji kemiri untuk mengatasinya. Kandungan protein dan mineral yang terdapat dalam buah kemiri mampu menguatkan rambut mulai dari akar hingga ujungnya.

3. Menumbuhkan Rambut

Anda punya masalah dengan kebotakan? Tenang, minyak kemiri bisa membantu Anda mengatasi kebotakan karena mampu merangsang tumbuhnya rambut. Pemakaian minyak kemiri secara teratur dapat mencegha kerontokan dan menumbuhkan kembali rambut yang rontok bahkan lebih kuat dan sehat dari sebelumnya.

4. Menghitamkan Rambut

Rambut hitam berkilau dan sehat merupakan dambaan hampir setiap orang. Namun tidak semua orang beruntung mendapatkannya. Apakah anda termasuk yang beruntung atau tidak? Jika tidak, jangan terlalu pesimis, karena minyak kemiri dapat membantu anda mewujudkannya, syaratnya adalah sabar dan rajin. Minyak kemiri dapat membuat rambut mendapatkan kembali kemilaunya apapun warna rambut tersebut.

5. Menghilangkan Ketombe

Satu lagi masalah rambut yang sangat mengganggu adalah ketombe. Namun, anda bisa menggunakan minyak kemiri untuk mengatasinya. Caranya dengan mengoleskannya pada kulit kepala secara merata sambil dipijat-pijat secara lembut. Minyak kemiri dapat membersihkan kulit kepala dari kotoran yang menjadi bian gkeladi munculnya ketombe.

Manfaat Minyak Kemiri untuk Kecantikan


Minyak Kemiri untuk Kecantikan
Selain bermanfaat untuk rambut, minyak kemiri juga berkhasiat untuk dunia kecantikan. Diantaranya untuk merawat kecantikan kulit, alis dan bulu mata.

1. Merawat Kecantikan Kulit

Bukan hanya minyak zaitun yang berkhasiat menjaga kecantikan kulit tapi juga minyak kemiri. Kandungan antioksidan dalam minyak kemiri dipercaya mampu menjaga keremajaan kulit, menghilangkan keriput dan garis halus serta menangkal radikal bebas yang merugikan.

2. Menyuburkan Alis, Bulu Mata, dll

Seperti yang sudah diketahui, minyak kemiri berkhasiat menyuburkan dan menumbuhkan rambut. Itu berlaku untuk semua jenis rambut yang tumbuh pada tubuh manusia, termasuk alis, bulu mata, cambang, janggut dan kumis. Ambil minya kemiri dan campurkan dengan sedikit getah lidah buaya (berupa lendir dari daging daun lidah buaya) kemudian oleskan pada bagian tubuh yang ingin rambutnya subur, misalkan alis dan bulu mata. Pada pria bisa digunakan untuk melebatkan jenggot dan jambang biar terlihat macho.

Cara Membuat Minyak Kemiri


Sekarang ini, minyak kemiri sudah banyak dijual bebas di pasaran. Namun, jika Anda ragu akan kualitas minyak kemiri dalam kemasan lebih baik anda membuatnya sendiri karena caranya juga tidak begitu sulit.

Secara lengkap pengolahan kemiri untuk diambil minyaknya adalah sebagai berikut:
  • Tumbuk kemiri hingga hancur.
  • Rebus kemiri dengan air hingga mengeluarkan minyak.
  • Ambillah minyak kemiri yang mengapung di atas air.
  • Saringlah minyak hingga jernih.
  • Simpanlah minyak ke dalam botol dan simpan botol di tempat yang sejuk.
  • Gunakan secara rutin seminggu tiga kali.

Di Indonesia, kemiri dikenal dengan banyak nama. Di antaranya, kembiri, gambiri, hambiri (Batam); kemili (Gayo); kemiling (Lampung); buah kareh (buah keras, Minangkabau; Nias); keminting (Dayak). Juga muncang (Sunda); dèrèkan, pidekan, miri (Jawa); kamèrè, komèrè, mèrè (Madura); dan lain-lain.

Nah, itu dia informasi mengenai manfaat kemiri dan khasiat minyak kemiri untuk kesehatan, kecantikan serta rambut anda. Semoga bermanfaat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Kemiri untuk Kesehatan, Kecantikan, Rambut



Advertisement