Manfaat Buah dan Daun untuk Kesehatan, Kecantikan dan Obat Tradisional

Manfaat Mentimun untuk Kesehatan Wajah dan Jerawat

Mentimun atau ada juga yang menyebutnya ketimun merupakan buah yang biasa dijadikan sayur atau lalap. Sebagai teman makan sambal dengan goreng ayam atau bebek. Dari sebuah data yang dilansir Huffingtonpost, mentimun adalah sayuran yang paling banyak dibudayakan di dunia. Hal ini dikarenakan mentimun merupakan makanan yang baik untuk kesehatan tubuh.
Advertisement

Tanaman ini termasuk keluarga Cucurbitaceae. Senyawa yang terkandung di dalamnya antara lain saponin, flavonoida, polifenol, asam malonat, vitamin E, kukurbitasin C. Selain dijadikan sebagai lalapan, mentimun juga kerap dijadikan sebagai bahan alami untuk obat tradisional. Bahkan belakangan ini mentimun dijadikan sebagai bahan untuk perawatan kecantikan.

Manfaat Mentimun untuk Kesehatan dan Kecantikan


Manfaat Mentimun
Mentimun merupakan sayuran yang biasa dijadikan lalapan. Namun bukan itu saja, mentimun juga kerapkali dijadikan sebagai bahan untuk pengobatan tradisional. Misalnya untuk mengobati sariawan, tekanan darah tinggi, sariawan, disentri dan lain-lain.

Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan kemajuan teknologi, kini mentimun juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk perawatan kecantikan wajah bagi para wanita. Biasanya mentimun ini dijadikan sebagai masker. Manfaat mentimun sebagai masker wajah diantaranya dapat menghilangkan jerawat, menghilangkan noda hitam di wajah (flek), serta menghaluskan kulit wajah.

Diare pada anak

Namanya anak-anak seringkali mengkonsumsi makanan atau jajanan yang kurang higienis. Akibatnya seringkali mereka mengalami sakit perut yang menyebabkan diare. Tapi, jika di rumah tersedia mentimun, Anda bisa mengobatinya. Sediakan 1 buah mentimun,  dicuci bersih kemudian rebus dan haluskan. Saring airnya dan tambahkan sedikit madu. Minum ramuan tersebut setiap hari.

Mengobati Hipertensi

Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang berbahaya karena dapat menyebabkan stroke. Nah, mentimun ini dapat digunakan untuk mengobati hipertensi. Caranya, ambil  2 buah mentimun lalu dicuci bersih dan parut. Setelah itu peras airnya dan minum dua kalis sehari.

Bisa juga dengan cara merebus sebanyak 150 gram mentimun, lalu peras airnya. minum air perasan rebusan mentimun tersebut setiap hari secara teratur.

Mengobati jerawat, menghaluskan kulit wajah, menghilangkan noda hitam

Manfaat mentimun sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan wajah sudah dikenal sejak lama. Biasanya ketimun ini dimanfaatkan sebagai masker. Caranya seperti di bawah ini.

a> Mentimun diblender hingga halus, lalu dibalurkan ke wajah sebagai masker. Biarkan selama 30 menit hingga mengering, lalu bilas.
b> Kulit mentimun digosokkan ke kulit wajah, biarkan mengering, lalu bilas.

Mencegah penyakit ginjal

Penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit berbahaya. Sediakan 3 buah mentimun lalu direbus hingga lunak. Peras dan minum airnya 3 kali sehari. Makan juga ampasnya seperti mengkonsumsi lalapan. Lakukan secara rutin hingga sembuh.

Obat Disentri

Disentri biasanya menyerang anak-anak yang kurang bisa menjaga kebersihan makanan dan lingkungan. Cara mengobatinya cukup mudah, ambil 1-2 buah mentimun lalu dicuci, dan dipotong-potong. Kemudian rendam dalam madu. Makan beberapa kali.

Mengobati Sariawan

Sariawan adalah penyakit yang tidak berbahaya namun sangat menyiksa. Setiap kali makan atau mengunyah sesuatu terasa perih. Akhirnya makanan yang enak sekalipun jadi tidak berselera. Untuk mengobatinya ambil 1-2 buah mentimun yang sudah tua dicuci bersih, kupas kulitnya, kemudian iris-iris. Makan agak banyak setiap hari.

Mengobati Demam

Ambil 1 buah mentimun kemudian dicuci, parut, beri eau de cologne, lalu bungkus dengan saputangan, dan letakkan di atas kening penderita demam sebagai kompres. Setelah kering, ulangi beberapa kali.

Obat Tifus

Penyakit tifus atau tipes merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella enterica, khususnya turunannya yaitu Salmonella Typhosa. Bakteri tersebut masuk ke dalam perut lewat makanan yang sudah terkontaminasi alias tidak higienis. Untuk mengobatinya, ambil 2 buah mentimun dicuci, parut, peras airnya dan minum sekaligus. Ulangi pengobatan tersebut secara rutin 3 kali sehari.

Mengobati Radang ginjal

Untuk mengobati penyakit radang ginjal, ambil 3 buah mentimun yang ukurannya besar, cuci bersih lalu direbus dengan dua gelas air hingga empuk. Minum air rebusan mentimun tersebut sebanyak 2 kali sehari.

Oke, itu dia artikel mengenai manfaat mentimun untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Baca juga artikel tentang manfaat bayam dan manfaat susu kedelai untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Mentimun untuk Kesehatan Wajah dan Jerawat



Advertisement